Let's Learn With Us

Jumat, 17 Mei 2013

Kecanggihan Teknologi



Kemajuan teknologi sekarang semakin pesat saja. Karena sekarang semua yang biasa dikerjakan manusia secara manual, kini telah ada alat untuk meringankan pekerjaan manusia atau dapat di katakan sebagai pengganti tenaga manusia. Manusia kini sangat bergantung pada kecanggihan teknologi. Manusia akan sulit untuk hidup tanpa teknologi.
Jika kita tetap bergantung pada kecanggihan teknologi, itu sangat tidak baik untuk kedepannya. Jika seseorang memiliki ketrampilan atau kelebihan apapun, disamping itu ada teknologi yang dapat melakukan ketrampilan yang dimilikinya, dia akan memilih alat canggih itu. Karena akan mempersingkat waktu dan juga tidak terlalu letih saat mengerjakannya. SDM akan hilang dengan sendirinya jika hal itu terus terjadi. Disamping itu, alat yang canggih itu tidak baik bagi kesehatan tubuh jika sering digunakan.
Kecanggihan handphone yang sekarang dapat berhadapan langsung dengan orang yang dihubungi melalui handphone tersebut atau biasa disebut videocall.. Ada juga alat untuk menerjemahkan bahasa yaitu Tele Scouter. Dibuat oleh sebuah perusahaan Jepang yaitu NEC. Dan masih banyak lagi alat canggih rumah tangga, perusahaan, dll. Alat canggih yang seperti itu yang akan membuat manusia malas. Malas untuk bekerja, belajar, dan lain sebagainya. Sangat bergantung pada kecanggihan teknologi tersebut.
Sekarang juga sudah tercipta sebuah robot yang mirip sekali dengan manusia. Bahkan dapat mengerjakan semua kegiatan yang biasa dilakukan manusia. Dari fisik saja terlihat sangat mirip dengan manusia. Sangat susah untuk membedakannya.
Manusia sangat senang dengan adanya alat canggih itu. Sangat membantu dan sangat bagus. Namun, mereka belum sepenuhnya sadar bagaimana dampaknya jika kita terlalu bergantung pada alat tersebut. Jika kita sudah bergantung pada alat tersebut, kita akan merasa sangat susah jika tidak ada lagi alat tersebut. Walaupun dengan harga yang sangat mahal, mereka akan tetap membelinya.
Bahaya kecanggihan teknologi yaitu, akan ketergantungan, akan mebesar-besarkan masalah kecil pada alat canggih itu, akan lebih berkonsentrasi pada alat yang digunakan. Dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat membahayakan kehidupan atau diri kita sendiri.
Kita harus berusaha agar tidak sepenuhnya bergantung pada alat canggih itu. Boleh kita tetap menggunakannya. Namun kita harus tetap berusaha sendiri selagi kita bisa mengerjakannya. Dan juga kita dapat belajar dan menambah pengetahuan untuk sesuatu hal tanpa alat bantu penerjemah bahasa, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar